Beranda > Informatics > Test Drive Opera Mini

Test Drive Opera Mini

Kemarin malam, penulis bersama adik penulis mengupgrade opera mini versi yang terbaru 4.1. Sebenarnya penulis sudah cukup lama mendapat pemberitahuan ini dari perambah lama, namun baru kemarin penulis mencoba begitu mengetahui mantapnya fitur terbaru dari versi 4.1 ini.

Well, migrasi dari opera versi 4.0 ke 4.1 untuk sebuah perambah handphone gratisan, bagi penulis sangatlah mantap. Adapun beberapa feature yang penulis acungi jempol dari update kali ini antara lain:

  • Landscape Browsing, sebelumnya mungkin hal ini cuma berlaku untuk Opera versi OS. Dengan landscape mode tampilan website menjadi lebih user-friendly.
  • Addres Bar mirip perambah PC. Ya, penulis kali ini bisa tersenyum lega. Penulis tidak perlu menulis alamat url yang super panjang. Karena kali ini alamat url yang sudah pernah diknjungi telah langsung disimpan perambah mini ini.
  • Find In This Page. feature yang bagi penulis jarang digunakan di perambah PC. Namun untuk pengguna yang pegal untuk menscroll halaman ke bawah dengan keypad handphone, fitur ini sangatlah berguna. Bayangkan anda membuka halaman mengenai sebuah penyakit dan anda ingin langsung mencari bagian prognosis (biasanya bagian ini ditempatkan di bagian akhir) dari penyakit tersebut, tentunya hal ini sangat membantu.
  • Halaman yang bisa disimpan. Inilah fitur yang sangat penulis harapkan dari versi opera sebelumnya. Bayangkan menyimpan halaman yang sebelumnya kita cari, dan nantinya mengakses secara offline kembali via handphone. Sebuah fitur yang sangat menolong sekali, apalagi untuk tenaga kesehatan yang tidak sempat mengakses PC secara kontinyu. Sayangnya untuk user palm yang menggunakan opera mini via java runtime enviroment tidak bisa memanfaatkan fitur ini.

Demikian sekilas pandang opera mini 4.1 dari sudut pandang penulis. Penulis dan adik sampai membayangkan bagaimana nantinya jika opera mini sudah mencapai versi 5, apakah akan sedashyat perambah versi PC-nya. Kita tunggu saja. Bagaimana pendapat anda?

*update*

Ada beberapa cara untuk menikmati opra mini. Pertama bukalah operamini.com dari perambah bawaan handphone anda (misal web di handphone nokia) atau anda dapat mengunduh dari website opera mini ke PC lalu memindahkan ke handphone anda.

Kategori:Informatics
  1. 23/05/2008 pukul 14:40

    Wah.. iya, aku jg baru upgrade. Yg paling aku suka fasilitas penyimpanan halamannya. Asik bisa dengerin mp3 di hape sambil browsing liriknya trus disave deh..🙂 ntar tinggal buka lagi.

  2. 21/06/2008 pukul 16:53

    Yap, lumayan bagus buat browsing di W200i saya, cuma koq fasilitas zoom-nya terbatas banget ya? cuma 2 kali, dan itu pun ekstrim kecil dan ekstrim besar.

  3. 21/06/2008 pukul 19:40

    @ Huda: Cara asik dengerin musik Kak Huda. Paling enak kalau nyimpen artikel yang menarik di web, bisa dibaca berulang-ulang
    @ imcw: Ya dok, mungkin karena gratisan. Selain itu opera mini, berbeda dengan versi opera mobile yang lebih advance yang ditujukan untuk OS tertentu, bukan mass-java-application.

  4. 23/06/2008 pukul 06:22

    java gak disupport palm lg ya..😦
    untung masi bs ngetes web pages dari demo opera mini versi webnya..

  5. 23/06/2008 pukul 11:27

    @dani: Sepertinya masih dok. Tapi dalam posting ini yang saya maksud kita tidak bisa memanfaatkan fitur penyimpanan file untuk Palm OS. Padahal fitur itu cukup membantu. Tapi pengalaman saya memakai JVM di Palm tidak senyaman di handphone biasa semacam nokia. Mungkin hal ini perlu dibenahi di Palm Nova selanjutnya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: